Translate

Menkeu: Pembahasan Anggaran dengan DPR Sudah Terbuka



Penulis : Ester Meryana | Kamis, 23 Agustus 2012 | 14:53 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan, pembahasan anggaran antara Pemerintah dengan DPR sudah terbuka dalam dua tahun terakhir. Ke depan, pembahasan anggaran diusahakan akan semakin akuntabel.
"Kalau dilihat dalam dua tahun terakhir ini, pembahasan di Banggar (Badan Anggaran), di raker (rapat kerja), di panja (panitia kerja) itu semua sudah dilakukan secara terbuka," terang Agus seusai acara halal bihalal, di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (23/8/2012).
Agus menjelaskan, pembahasan anggaran antara Pemerintah dengan DPR dinilai sudah terbuka. Bahkan, ada laporan yang tadinya tidak dilaporkan secara khusus dalam forum rapat kerja dengan DPR sekarang dilaporkan. Namun, Agus tidak menyebut laporan yang dimaksud.
Yang jelas, Agus menyebutkan, ke depan baik Pemerintah dan DPR akan berusaha untuk semakin akuntabel dan transparan dalam menyusun anggaran. "Jadi ke depan tentu kita ingin membuat perencanaan atau pembahasan anggaran ini lebih baik lagi, dan ini antara lain untuk membuat akuntabilitasnya lebih tinggi," papar dia.
Terkait dengan detail pembahasan, Agus mengatakan, pembahasan anggaran hingga ke bagian unit organisasi, jenis belanja, ataupun program,  adalah hal yang baik. Namun dia menilai, untuk pembahasan lebih detail, misalnya sampai ke worksheet, hal itu akan terlalu jauh.
"Dan hal ini yang musti kita dudukkan kembali tapi kami akan bicarakan ini dengan Bapak-Ibu di DPR," tegas Agus. "Karena kalau tidak nanti yang terjadi kuatirnya akan membuat informasi-informasi yang terlalu detail," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar